Hallo,
temen-temen! Gimana kabar kalian nih? Semoga baik dan selalu sehat yah! Dan
jangan lupa buat selalu manjaga kesehatan, karena lagi musim sakit, nih!
Cuacanya lagi ngga stabil... kadang panas banget tapi kadang hujan seharian
ngga berhenti, ada geluduknya juga hih takutttt. By the way, aku seneng deh
bisa nulis di blog lagi! Terakhir aku nulis di blog itu di blog Creative
Thinking dan Journey! Kalian baca juga ngga blog aku yang sebelumnya? Nah,
karena ini jadi blog awal aku yang baru, aku harap blog ini enak dibaca sama
kalian! >_<
Oh
iya, kenalan dulu aja ya? Aku ini mahasiswa disalah satu Universitas swasta di
Jakarta. Bagi kalian yang tinggalnya di daerah Jakarta Timur pasti tau! Yuk
tebak dikomentar yaaa! Nanti buat yang jawabannya bener ngga dapet apa-apa
HEHEHEHE. Maaf ya temen-temen, krisis dompet mahasiswa >.<
Temen-temen
yang sekolah atau kuliah udah full offline atau masih online, nih? Kalo aku
setengah-setengah hehehe. Seminggu offline, seminggu lagi online. Temen-temen
yang full offline gimana nih? Kalo aku yang selang-seling aja cuapekkk bangett
temen-temen… mungkin karena jarang gerak dan biasa di rumah terus jadi berasa
capeknya. Eittsss tapi capeknya hilang kalo ketemu my beloved one di kampus
HEHEHEHE. Langsung segar bugar semangat lagi masuk kelas selanjutnya xixixi. Temen-temen
ada yang bikin semangat lagi ga buat belajar? :p
Oh
iya nih, temen-temen, kalian tau ngga sih tentang pembentukan citra dalam opini
publik? Kalo belum tau, aku kasih tau ya! Jadi, tujuan pembentukan citra itu
agar memperoleh reputasi, kredibilitas dan citra yang positif dari public. Untuk
mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus peka dan peduli terhadap opini yang
ada dan berkembang di masyarakat mengenai perusahaannya. Dengan mengetahui dan
memahami opini yang ada dan berkembang di masyarakat, perusahaan dapat
mengaktualisasikan aspirasi, kebutuhan dan harapan publiknya. Nah, gimana
temen-temen udah tau kan tentang pembentukan citra dalam opini public?
Kalo
temen-temen masih kurang paham, aku mau kasih satu contoh kasusnya, nih! Temen-temen
semua pasti tau perusahaan ojek online yang satu ini, atau temen-temen
penggunanya, nih? Iyaa betul banget kali ini aku pake contoh kasus perusahaan
ojek online “Grab” kasus ini terjadi tahun lalu atau tahun 2019 sih temen-temen…
gapapa kan? Cuma kasih contoh aja kok hehehe. Jadi, kasus ini tentang
kecelakaan grabwheels.
Jadi
pada pertengahan tahun 2019, Grab Indonesia merilis produk atau jasa baru yaitu
“grabwheels” (skuter listrik atau otoped listrik) yang bisa digunakan oleh
masyarakat melalui aplikasi online “Grab”. Disaat antusias masyarakat terhadap
grabwheels ini semakin tinggi, namun musibahpun ngga bisa dihindari, pada 11
november 2019 terjadi kecelakaan yang mengakibatkan pengguna grabwheels
meninggal dunia. Serem banget ya temen-temen… sampai ada korban jiwa.
Kecelakan
pengguna grabwheels menjadi topik hangat di lingkungan masyarakat mengungkapkan kekecewaan karena layanan grab yang kurang memadai hingga terjadi kecelakaan tersebut. bahkan
menjadi topik hangat liputan berbagai media. Komuikasi krisis yang dilakukan
oleh Grab Indonesia pada kasus kecelakaan pengguna grabwheels untuk menjaga
citra perusahaan. Grab Indonesia sudah melakukan komunikasi yang baik seperti,
edukasi diawal, komunikasi empati dan juga edukasi serta perbaikan layanan
setelah kasus terjadi. Maka Grab Indonesia dianggap mampu mempertahankan citra
perusahaannya pasca krisis tersebut terjadi.
Jadi, itu dia,temen-temen satu contoh yang bisa aku kasih tau ke temen-temen tentang pembentukan citra dalam opini public! Semoga bermanfaat ya buat temen-temen, maaf kalo misalnya contoh yang aku kasih kurang memumpuni karena aku juga masih belajar kaya kalian hehehe. Feel free buat komen ya kalo aku salah! Makasih banyak udah baca blog pertamaku ini sampai habis! Ketemu lagi di postingan selanjutnya minggu depan! >.<
Tidak ada komentar:
Posting Komentar